Social Project?

Halo, namaku Ervina Ruth Priya Sambada.
Aku lahir di Klaten, sebuah kota kecil di Jawa Tengah pada 17 Juli 1999.
Sekarang aku berumur 19 tahun.
Kini aku sedang dalam perjuanganku untuk menggapai mimpiku, menjadi seorang dokter.
Sebenarnya bukan murni mimpiku, lebih tepatnya adalah mimpi orang tuaku, mimpi ayahku.
Ayahku sangat ingin punya anak yang berada di bidang kesehatan, dan beliaulah yang memintaku untuk berada di profesi ini kelak.

Banyak sekali naik turun yang aku hadapi selama kuliah di jurusan ini.
Mungkin di awal aku sangat bahagia dan bersemangat karna mampu lolos dan mengalahkan banyak sekali orang diluar sana untuk meraih 1 kursi pendidikan di fakultas ini.
Di lain sisi, aku yang kala itu masih berumur 16 tahun dan harus mulai benar-benar hidup mandiri di kota Solo, dengan berbagai latar belakang dan kepribadian teman-teman baruku, aku merasa syok. Aku terkagetkan pada kenyataan bahwa inilah kehidupan. Aku harus bisa bergaul di antara orang-orang yang berasal dari golongan kaya maupun biasa, dengan orang dari kelima agama, dengan orang keturunan tiongkok, jawa, palembang, medan, dan bali, juga dengan orang-orang yang 4-5 tahun lebih tua dariku dan juga beberapa bulan lebih muda dariku. Ya, perbedaan terasa begitu nyata kala itu.

Bertemu dengan orang-orang yang menurutku keren, dari sisi sosial, akademis, religi, mentalitas dan lainnya merupakan sebuah hal yang jarang kusadari sebelumnya.
Sekarang sudah 3 tahun lebih aku berada di jurusan ini, hampir sampai pada penghujung masa pre-klinikku.
Mungkin aku belum bisa cerita banyak. Tapi usut punya usut, sekarang aku memiliki sebuah keinginan baru. Sesuatu yang pengen banget aku lakuin. ingin tahu? cekidot!



Jadi..

aku pengen banget bisa punya sosial project
tapi belum tau harus mulai dari mana
apa yang mau aku lakuin
sama siapa
dan buat siapa

sedikit terlintas, aku pengen bantuin orang-orang yang kurang mampu
dan orang-orang yang kesepian, mengalami depresi dan berbagai hal sulit di hidupnya supaya mereka bisa bangkit lagi
dan ngga harus dengan cara yang formal banget

mungkin kelihatannya aneh, tapi aku kepikiran tentang BTS, salah satu efek terbesar bts di hidupku itu dia membuat aku jadi lebih bisa menerima dan mencintai diriku sendiri apa adanya dan ngga pernah menyerah. ya masih susah, tapi aku termotivasi banget sama ketulusan mereka. ini salah satu cara yang mungkin sekarang lagi trending. karna banyak orang juga yg berubah dan bengkit karna bts. bts salah satu contoh sekumpulan orang yang bisa memotivasi dunia melalui karya mereka di bidang hiburan dan musik. melalui lirik-lirik yang mereka buat, melalui kampanye mereka tentang kesehatan dann perlindungan anak dari kekerasan, dan berbagai hal lain. mungkin sisi inilah yang membuatku suka sama bts dan mendorongku buat ingin melakukan social project.

atau mungkin, ini salah satu inspirasi yang aku dapetin dari novel lion
aku ingin membantu orang, tidak harus banyak orang, tidak harus dimulai dari hal besar,
cukup dengan menjadi temennya berjuang, dari titik terendah dalam hidupnya sampai bisa bener2 menjalani hidup dengan baik lagi.
ya aku tau, membantu 1 orang itu cuma kaya mengurangi setetes air dari samudra.
kecil bgt dibandingkan banyaknya orang yang ada.
tapi buat 1 orang itu, pasti udah sangat mengubah hidupnya. dan sangat berharga buat dia.
seperti itulah novel Lion mengajariku untuk mengasihi dan membantu dunia.
Novel itu mengisahkan seorang pasangan dari Australia yang mengadopsi anak dari penampuangan di India. mereka tidak memilih dan menetapkan kriteria tertentu untuk anak yang akan mereka adopsi. hanya ingin anak, hanya ingin membantu. meskipun mereka sebenarnya mungkin bisa memiliki anak biologis mereka sendiri, tapi mereka lebih memilih untuk membantu anak-anak diluar sana yang mungkin lebih membutuhkan pertolongan. ya begitulah intinya.


nah, dari apa yang aku sampaikan tadi
adakah dari kalian yang mau bergabung dan berpikir bersama aku?
atau adakah dari kalian yang butuh teman dalam perjuanganmu?
dan mungkin adakah dari kalian yang merasa kesepian dan butuh teman untuk mencurahkan isi pikiranmu or just want to end your life?
aku ada disini, dan aku ingin mendengarkan kisahmu.. aku ingin membantumu..
aku tidak mengatakan bahwa aku dan hidupku sempurna. tapi aku akan berusaha untuk membantumu dengan apa yang aku bisa.

Salam hangat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Film Guruku Boyolali

Kiss The Rain versi Indonesia

Percobaan Massa Jenis